REVIEW NOVEL

Resensi novel If You Know Why.
Judul resesnsi  : kisah kehidupan dan percintaan
Judul buku       : If You Know Why
Pengarang       : Indriya
Penerbit           : Loveable
Th. Terbit         : 2017
Cetakan            : ke-2
Tebal                 : 528 halaman
Harga buku     : Rp.99.500,00

     Vanillla arneysya, cewek cantik blasteran jerman-indo yang usianya belum genap 16 tahun. Harus menghadapai pahitnya kenyataan hidup semenjak kecelakaan nahas yang menimpanya 3 tahun yang lalu. Dimana kala itu, saudara serta sahabatnya , berlibur ke bandung. Yang menyebabkan sahabatnya bernama kevin meninggal. Serta ke-2 saudaranya yang mengalami koma dan patah tulang. Sedangkan vanilla menjadi PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)
Dan juga terkena DID (Dissosiative Identity Disorder)
     Semua keluarga kandungnya menyalahkan vanilla atas kejadian itu. Mereka pikir , vanilla gila karena trauma mendala. Jadi mereka memasukan vanilla ke rumah sakit jiwa. Dan setelah 6 bulan kemudian , vanilla diangkat menjadi anak keluarga gustavo. Yang mana , keluarga angkatnya itu sangat menyayangi vanilla. Karena mereka ingin vanilla sembuh dan menjadi anak yang ceria lagi. Bukan vanilla yang dingin dan pemurung.
     Saat vanilla masuk SMA , ia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Dava. Setiap ia bertemu dengan dava , keduanya selalu melemparkan tatapan tajam. Tetapi seiring berjalannya waktu.. Dava selalu penasaran akan diri Vanilla. Ia tidak mau Vanilla menjadi milik orang lain. Dan Dava pun memutuskan agar Vanilla menjadi miliknya. Mereka pun tesmi berpacaran. Mereka aslanya bahagia , sampai saat itu tiba. Dimaan mantan Dava kembali dan mimpi buruk Vanilla yang dulu ia lupakan datang kembali ke kehidupan Vanilla dan mengacaukan semuanya.
     Sang penulis bisa menciptakan moment-moment yang ditunggu tunggu pembaca. Gaya bahasanya mudah di mengerti pembaca. Konflik yang dibuat sang penulis mampu membuat pembaca tegang. Covernya yang membuat para pembaca penasaran isi cerita novel tersebut. Alur ceritanya membuat orang orang mengerti darimana Vanilla mempunyai penyakit mental.
     Yang saya sukai dari novel ibi adalah isi cerita yang membuay si pembaca memiliki imajinasi liar atau terbawa penasaran akan cerita romansa Vanilla dan Dava. Selain itu yang saya sukai dari karakter pemerannya. Misalnya Vanilla , ia tetlihat dari luar memang cuek , dingin. Tetapi jika sudah di dekat sahabatnya, Dan sahabatnya membutuhkan pertolongan, Vanilla pasti akan membantunya. Zero, ia sebebarnya bukan tidak peduli kepada Vanilla yang notabene nya adik kandung sendiri. Sebenarnya di hati terdalamnya ia menyayangi Vanilla dan ingin keluarganya utuh kembali. Dava, Dava sebenarnya orang yang sangat dingin dan tak peduki pada apapun.
     Namun, di tengah jalannya cerita, selalu datang pemeran-pemeran baru. Misalnya Ferrio. Daia diperankan menjadi kakak kandungnya Vanilla. Sampai pada akhir cerita , konflik-konflik makin menjadi. Contohnya Raquell yang mulai membenci Vanilla karena Vanilla dituduh membuat mobil Leon remnya blong. Padahal itu dilakukan oleh kembaran Vanilla. Dan juga , tokohnya terlalu banyak. Jadi para pembaca tidak mungkin mengingat semua tokohnya. Jenis kertas yang digunakan mudah robek. Kertas inj mirip kertas buram. Jika kehujanan / kebasahan pasti akan robek.
      Seharusnya , tokoh-tokohnya jangan terlalu banyak. Kisah romansa Vanilla dan Dava terlalu mainstream. Banyak novel yang kisah romansanya sama seperti IF YOU KNOW WHY. Di akhir cerita Vanilla tidak bisa menjadi dirinya sendiri. Sebaniknya konfliknya agak dikurangi. Kertas yang dighnakan seharusnya tidak mudah robek.
     Vanilla memiliki DID ( Dissosiative Identity Disorder ) dan PTSD ( Post Traumatic Stress Disorder). Sesudah mengalami kecelakaan 3 tahun silam. Selain gangguan pada mentalnya , Vanilla juga mengidap penyakit ginjal. Tetapi ia bisa bangkit dari keterpurukannya berkat keluarga angkatnya dan juga Dava. 
     Teman - teman sekalian , jika kalian membutuhkan rekomendasi novel , saya sarankan untuk membeli novel IF YOU KNOW WHY. Karena konfliknya menegangkan. Membuat para pembaca penasaran akan cerita pada chapter chapter selanjutnya. Selanjutnya para pembaca akan penasaran tentang hubungan Dava dan Vanilla. Selain itu , novel ini tidak menceritakan kisah romansa saja. Tetapi novel IF YOU KNOW WHY juga menceritakan tentang persahabatan. Dan dikabarkan tahun 2018 ini sequel dari novel IF YOU KNOW WHY  akan diterbitkan. Yaitu IF YOU KNOW WHO. Jadi tunggu apa lagi ? Mari serbu toko-toko buku terdekat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketakutan seorang gadis